Alasan Perusahaan Kerap Tanyakan Apa yang Terjadi Pada Diri Anda Selama 5 Tahun ke Depan

Indonesia Satu Manajemen,
12 Mei 2022 - 1:37

Apa yang terjadi dalam diri Anda dalam 5 tahun ke depan? Tidak perlu menjadi peramal untuk mengetahui jawabannya. Meskipun terdengar seperti pertanyaan tricky yang dilontarkan dalam banyak wawancara kerja, namun sebenarnya jawabannya adalah menyeleraskan antara ambisi pribadi dengan perusahaan yang dituju.

Contohnya ketika berada dalam interview kerja di perusahaan start-up. Tujuan dari kandidat yang paling diburu adalah tumbuh bersama perusahaan dan belajar tentang mensejajarkan ambisi dalam bisnis. Namun nyatanya, kebanyakan menjawab, “Dalam lima tahun ke depan, saya berharap bisa membangun tim sendiri bersama perusahaan.”

Jawaban yang seharusnya diberikan seharusnya lebih berwawasan dan optimis. Pikirkan bahwa perusahaan juga menginginkan calon kandidat yang memiliki jiwa leadership, meyakinkan dan tahu apa yang dilakukan, sehingga mengerti posisinya dalam lima tahun ke depan. Lantas apa tujuan tim rekruitmen melontarkan pertanyaan tersebut yang bahkan Anda sendiri tidak bisa meramal masa depan?

Pertama, perusahaan menginginkan karyawan yang bersungguh-sungguh dalam pekerjaannya. Meskipun titik bosan itu ada tetapi tetap fokus pada tugas selama bertahun-tahun menandakan bahwa Anda adalah orang yang kompeten. Karakter tersebut susah dicari, sementara dewasa ini milenial lebih memilih pekerjaan yang tidak membosankan dan cenderung bepindah dari job satu ke lainnya.

Kedua, perusahaan memiliki visi serta misi untuk terus menumbuhkan istananya. Baik dari segi finansial, produk, kepercayaan dan citra, semuanya harus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Terlebih era terus maju dan perubahan akan selalu terjadi, maka untuk mewujudkan semua membutuhkan orang-orang yang tahu akan tindakannya di masa mendatang. Hal demikian berarti mereka juga bersifat terbuka.

Ketiga, membangun kepercayaan diri dan ambisi positif dalam diri. Mengikuti arus air terakdang dibutuhkan, namun juga perlu survive dalam prosesnya. Sebab apa yang telah direncanakan bisa jadi menemui kendala. Mereka yang percaya diri dan tahu seperti apa nantinya, cenderung mengejar misi tersebut.

 

Jadi, mulai saat ini pikirkan apa yang akan terjadi dalam hidup dalam 5 tahun ke depan?

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp